JADIKAN DOTA HIDUP ANDA LEBIH BAIK.........JADIKAN DOTA HIDUP ANDA LEBIH BAIK........ !!

GUIDE NGE-HACK MAP WARCRAFT



Teori cara melewati proteksi map (agak susah bagi yang ga biasa buka-buka komputer):
(buat guide ini, gw bakal pakai map dota v6.35 sebagai contoh kasus. Paling nggak, para noobz yang gak bisa JASS dan hanya bisa pakai World Edit gak bakalan nafsu nge-hack setelah ngelihat betapa pusingnya proses yang harus ditempuh dan dipelajari)

Bag 1. Tau yang namanya archive MPQ? Kalo udah tau, skip bagian ini
file MPQ itu semacam jenis kompresi file kayak zip/rar gitu. Game dari kelompok Blizzard (yang bikin warcraft) memakai teknik kompresi MPQ untuk menyimpan file-file (gambar-gambar tombol, model badan hero, suara hero, dst) yang digunakan untuk game Warcraft. Dalam map unprotection, kita memanfaatkan fakta bahwa file map warcraft (w3x ato w3m) sebenarnya adalah sebuah file MPQ (yang ekstensinya yang diganti).

Bag 2. Map warcraft tidak lain adalah sebuah archive MPQ. Jadi, bisa disimpulkan bahwa dengan mengekstrak file-file didalam archive tersebut, kita bisa melihat isi-isi dari map tersebut dan bahkan meng-editnya. Program yang saya sendiri pakai untuk meng-ekstrak isi-isi dari file MPQ adalah MPQ Editor (by Ladik). Downloadnya cari sendiri ^^, gampang ketemu koq.

Bag 3. Agar bisa melewati proteksi map, anda harus tahu teknik-teknik proteksi apa yang banyak digunakan saat ini dan cara penanggulangannya. Mereka adalah:

1. Merusak informasi header size
Nah, pastinya para pembuat map tidak mau para noobz dengan mudahnya menelanjangi map mereka menggunakan program edit MPQ. Sebagai contoh, coba buka map dota menggunakan MPQ editor. Gw jamin gak bakalan bisa, dan bakal keluar error seperti "File is corrupt" gitu. Nah, apakah yang telah mereka lakukan pada map mereka agar terlihat "rusak" ketika MPQ editor?
(semoga kalian mengerti)
Coba buka map tersebut pakai program Hex editor, gw bakal jelaskan bagian pentingnya:
Liat bagian paling atas (pertama), disitu bakal ada informasi nama map tersebut (484D335700000000446F744120416C6C73746172732076362E333500784C01000A00 atau bisa dibaca sebagai HM3W....DotA Allstars v6.35.xL) yang dilanjutkan dengan deretan 0000000000000 (dan seterusnya) yang sangat panjang dan pada akhirnya bagian yang nilainya 4D50511A (yang bisa dibaca sebagai MPQ.). Setelah itu, ada bagian yang nilainya 56784F50, ini adalah yang disebut sebagai header size. Nah, agar sebuah file MPQ bisa dibuka editor maka nilai dari header size tersebut HARUS SELALU BERNILAI 20000000. Coba nilai 56784F50 tersebut diganti dengan 20000000, maka sekarang map dota sudah bisa dibuka dengan MPQ editor.

2. Menghilangkan daftar isi dari "(listfile)"
Dalam sebuah file MPQ, selalu tersimpan daftar isi yang disebut sebagai (listfile) dan daftar isi inilah yang menentukan file apa saja yang terkandung didalam archive MPQ tersebut. Kalau sebuah file yang terkandung didalam MPQ tersebut tidak masuk dalam daftar (listfile) tersebut, maka MPQ editor tidak bisa mengenali nama file tersebut dan dalam MPQ editor yang gw pakai akan muncul sebagai "FILE000000(bla bla bla, pokoknya ada angka ga jelas).XXX". File tersebut bisa saja merupakan file doo, mp3, j, txt, dll. Hanya saja namanya tidak ada didalam daftar, maka programnya tidak tahu musti ngapain.
Solusinya adalah menggunakan listfile eksternal.
Nah, nama-nama file apa saja yang harus diisi didalam listfile eksternal tersebut?
Penjelasannya:
Supaya sebuah map warcraft bisa dimainkan, mereka harus memiliki beberapa file penting seperti:
war3map.mmp
war3map.shd
war3map.w3e
war3map.w3i
war3map.j
dan lain lain (males gw mencarinya, cari sendiri aja)
File-file tersebut merupakan file-file penting yang harus selalu ada didalam sebuah map warcraft, maka selalu masukkan nama-nama tersebut kedalam listfile yang akan dipakai.
Cara cepat bikin listfilenya:
Buka map warcraft yang belum diprotect (bikin new trus langsung save aja), menggunakan listfile internal dari file tersebut. Buka listfilenya, dan copy dari daftar isinya.

3. Menghilangkan/menghapus file-file penting yang digunakan program World Edit
Coba bikin map baru trus save, kemudian buka pakai MPQ editor menggunakan listfile internal. Anda akan melihat file-file seperti: war3mapUnits.doo atau war3map.wtg.
Apa uniknya file-file tersebut?
File-file tersebut adalah file-file penting yang dibaca oleh World Edit setiap kali anda mau meng-edit map tersebut. war3map.wtg menyimpan data untuk meng-edit trigger dari world edit, sedangkan war3mapUnits.doo menyimpan data untuk meng-edit units tentunya.
Dengan men-delete file-file tersebut dari dalam map nya, anda sudah tidak bisa lagi mengedit map tersebut dengan world edit lagi. Biasanya file-file tersebut dihilangkan oleh para pembuat map untuk mencegah para noobz dengan gampangnya membuka map mereka pakai world edit dan sekaligus untuk menurunkan ukuran file map mereka.
Solusinya:
Gak ada. Tapi kalau anda mengerti JASS, bergembiralah karena anda masih bisa meng-edit triggers nya secara langsung. Tinggal ekstrak war3map.j, edit, dan masukkan kembali (meng-overwrite yang lama).

4. Menyembunyikan war3map.j
btw, war3map.j adalah sebuah file penting yang HARUS SELALU ADA disetiap map warcraft, isinya adalah script (kayak triggers gitu, tapi dalam bentuk aslinya) yang mengandung triggers, penempatan unit, lokasi regions, dan proses-proses lain yang terjadi selama anda memainkan map tersebut.
Anda sudah memasukkan nama war3map.j kedalam listfile yang anda pakai, namun ternyata war3map.j tidak muncul didalam MPQ editor. Apa yang sedang terjadi?
Masalah simpel, war3map.j nya ternyata disembunyikan didalam subdirektori yang dinamakan Scripts\
Solusinya: Buka listfile yang anda gunakan dan ganti war3map.j kedalam Scripts\war3map.j
(ingat, bukan tanda / tapi tanda \, soalnya sering ketuker)

5. Mengganti nama variabel dan fungsi-fungsi didalam war3map.j
Kalau anda sudah berhasil membuka war3map.j dan berhasil melihat isinya, jangan bingung melihat nama variabel/fungsi yang ada didalam script tersebut. Nama-nama tersebut sudah diganti dari yang asli menjadi nama-nama gak jelas seperti aa,aA,ab,ac,ad,Nq,cV, dan lain-lain. Ini teknik klasik yang digunakan para programmer untuk menyusahkan para "pencuri kode" untuk meng-edit kode mereka yang namanya "Obfuscation".
Solusinya:
Anda harus sabar dikit ^^, dan mengikuti alur jalan logikanya. Dengan begitu, anda bisa mengetahui kegunaan dari variabel/fungsi yang anda temukan dalam script tersebut. Untungnya ada beberapa fungsi yang namanya sudah tidak bisa diganti, seperti CreateQuestBJ, SetPlayerState, atau DisplayTimedTextToPlayer. Jadi, kalau ingin mencari bagian-bagian tertentu (contohnya, mau mencari bagian yang create quest atau mencari bagian yang membuat unit) tinggal gunakan fitur umum yang namanya "search" atau "find".

Bag 4. Belajar sendiri!!! Eksperimen lah sendiri, dan jangan terlalu tergantung sama tutorial/guide yang dibikin orang lain (lu pikir kenapa banyak orang ga bisa hack map? Karena mereka males riset). Kerjakan riset anda supaya bisa mengerti apa yang saya tulis diatas, maka anda bisa mahir dalam meng-unprotect map warcraft ^^. Gw bisa jamin kalau praktek anda gak akan selalu lancar, maka bereksperimenlah ~

Bag 5. Jangan nge-hack map orang lain, mengedit informasi author nya, dan menyebarluaskannya. Yang kayak gituan mah terjun ke WC aja. Ada kode etik dalam hal-hal beginian, kalo menyalahgunakan pengetahuan bisa dimarahin orang-orang luw tau rasa.


1 comments:

qdddw said...

gan bisa tolong unprotec ga ? saya udah coba cara diatas , sama yang lain juga , malah jadi rusah map nya

Post a Comment